Kamis, 17 September 2020

By Admin

Jangan Panik Dulu, Lakukan Hal Berikut Bila Mengalami Gejala Covid

Image : pixabay.com


Pandemi Covid-19 masih jadi bahan perbincangan hangat tidak hanya di Indonesia bahkan di dunia. Pandemi ini telah sedikitnya menginfeksi 121.000 masyarakat Indonesia per bulan Agustus awal. Angka ini juga tidak jarang mengantarkan kepanikan berarti bagi masyarakat luas. Namun kini inovasi terus dihadirkan salah satunya layanan dokter corona online Homecare24 untuk mempermudah Anda. 


Hal yang Harus Dilakukan Saat Gejala Terindikasi 

 
Kepanikan tidak jarang membawa seseorang yang terkena gejala flu biasa menganggapnya sebagai gejala indikasi awal terkena corona. Sebenarnya hal ini wajar, mengingat gejala awal Covid-19 memang menyerupai flu. Namun kondisi ini terkadang membuat pihak instansi kesehatan kewalahan menangani pasien padahal ada pasien lain yang lebih utama untuk ditangani. Sebagai masyarakat yang cerdas, memahami hal apa saja yang harus dilakukan saat gejala terinfeksi perlu Anda ketahui. 

1. Jangan Panik

Hal awal yang perlu dilakukan yakni jangan panik. Kepanikan berlebih pada seseorang hanya akan memperumit keadaan. Terlalu tergesa-gesa memutuskan sesuatu bisa jadi membuat tubuh menjadi stress dan akhirnya mengantarkan Anda pada kondisi tubuh yang benar-benar sakit. Tentu saja ini akan memperburuk keadaan sekalipun bukan terinfeksi Covid-19. 


2. Pastikan Gejala yang Dialami

Selanjutnya pastikan gejala yang dialami murni merupakan gejala Covid bukan gejala flu biasa. Pada dasarnya tubuh akan terasa lebih panas dengan suhu yang meningkat signifikan bila sedang terpapar panas berlebih dari luar, terlalu lelah, kurang minum air atau terlalu lama di dalam ruangan. Memastikan gejala yang terjadi merupakan langkah lanjutan yang harus dikenali. 


3. Cari Tahu Lebih Dalam

Saat virus corona menginfeksi tubuh manusia akan menimbulkan gejala yang beragam. Umumnya virus ini akan menimbulkan flu, batuk kering disertai peningkatan suhu tubuh. Namun, tidak jarang juga seseorang yang terinfeksi tidak memperlihatkan gejala sedikitpun. Maka dari itu Anda perlu mencari tahu lebih dalam apa saja gejala umum dan gejala khusus dari virus ini. 


4. Konsultasi ke Dokter Terpercaya

Bila Anda sudah yakin akan gejala yang menghinggapi tubuh, ada baiknya langsung berkonsultasi ke dokter terpercaya. Kini konsultasi ke dokter terpercaya tidak hanya bisa dilakukan secara langsung tapi juga bisa dilakukan secara daring. Banyak platform online yang bisa digunakan untuk melakukan konsultasi dengan hasil yang cukup akurat. 


5. Langsung Lakukan Rapid Test

Terakhir, tidak ada salahnya Anda langsung melakukan rapid test di klinik, puskesmas, atau rumah sakit terpercaya. Hasil test yang keluar terbilang valid dan bisa digunakan untuk tindakan medis selanjutnya. Opsi ini lebih disarankan hanya bila kondisi tubuh dan keuangan memungkinkan. Sehingga tes ini bisa diprioritaskan bagi yang lebih membutuhkan.

Lakukan 5 langkah di atas sebelum menyimpulkan Anda terinfeksi Covid-19. Hal utama yang perlu diperhatikan adalah jangan mudah panik atau bahkan termakan berita hoax. Tetap utamakan pencegahan mandiri dengan cara mencuci tangan selama 20 detik dan menggunakan masker ketika berada di luar rumah. Jaga juga asupan nutrisi seperti sering-sering mengkonsumsi vitamin C. 


By Admin

About By Admin -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :