Senin, 06 Januari 2020

By Admin

Cara Mudah Redakan Stres di Kantor, Taruh Pohon Bonsai di Meja Kerja Anda




Selama ini mungkin banyak orang yang punya pikiran bahwa pohon bonsai di atas meja kerja atau ruangan hanyalah sekedar untuk hiasan. Padahal lebih dari itu, pohon bonsai yang kebanyakan jenis kaktus itu ternyata juga memiliki manfaat lebih dari sekadar hiasan.

Menurut sebuah percobaan yang dilakukan oleh para ahli dari Univeritas Hyogo di Awaji, Jepang, terhadap pekerja kantoran, menunjukkan pohon bonsai atau kaktus dapat memberi ketenangan dan membuat pekerjaan tidak terlalu menekan mereka. Tingkat stres dari pekerja itu pun dinilai menurun secara signifikan.

"Saat ini tidak banyak orang yang sepenuhnya memahami dan memanfaatkan keuntungan dari sebuah tanaman," kata penulis utama penelitian, dr .Masahiro Toyoda, dilansir dari Daily Mail.

Dr. Toyoda menambahkan, tanaman dapat memberikan sedikit distraksi kepada pekerja. Lain halnya dengan dengan ponsel atau buku catatan yang juga berada di meja.
ilustrasi kaktus (shutterstock)

"Objek alami ini menggabungkan unsur yang dapat menyebabkan perasaan nyaman, seperti vitalitas, keindahan, dan sebagainya, yang dispekulasikan dapat membantu menjauhkan diri dari memikirkan pekerjaan," sambungnya.

Ternyata, imbuhnya, memandangi tanaman dapat memisahkan pemicu stres dan memberi peserta kesempatan untuk melepaskan diri dari ketegangan pekerjaan, meski hanya dalam beberapa menit sekali.

Menempatkan tanaman di dalam ruangan meski kecil juga disebut memiliki nilai ekonomis di lingkungan kerja karena dapat mengurangi stres serta meningkatkan produktivitas.

Temuan ini juga menambahkan bukti bahwa paparan ruangan hijau bermanfaat untuk suasana hati, bahkan jika itu adalah pemandangan dari jendela atau berjalan kaki 20 menit sehari.


By Admin

About By Admin -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :